Cara Mudah Membuat Pestisida Nabati Dari Biji Dan Daun Mimba

Kesadaran masyarakat terhadap bahayanya penggunaan pestisida kimia pada budidaya dan hasil panen dari sektor pertanian membuat banyak akademisi maupun orang-orang yang berkecimpung di bidang pertanian lain terus mengembangkan cara dalam mengendalikan hama pada tanaman yang lebih ramah lingkungan, dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan produk-produk pestisida yang raman lingkungan untuk diterapakan pada sektor pertanian atau bisa diterapkan pada pertanian organik, pestisida ini biasa kita kenal dengan pestisida hayati. Dari pengembangan inilah sekarang banyak muncul pestisida hayati yang bisa dimanfaatkan oleh para petani salah satunya pestisida hayati dari daun mimba atau dari biji mimba.
"pestisida hayati","daun mimba","biji mimba"
Data yang dikeluarkan WHO dan Program Lingkungan PBB memperkirakan ada sekitar 3 juta orang yang bekerja atau berkecimpung pada sektor pertanian di Negara-negara berkembang terkena racun pestisida dan sekitar 18.000 orang diantaranya meninggal setiap tahunnya (Miller,2004). Beberapa pestisida bersifat karsinogenik yang dapat memicu terjadinya kanker. Berdasarkan penelitian terbaru dalam Environmental Health Perspective menemukan adanya kaitan kuat antara pencemaran DDT pada masa muda dengan menderita kanker payudara pada usia tuanya (Barbara and Mary, 2007). Menurut NRDC (Natural Resource Defense Council) tahun 1998, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan penderita kanker otak, leukemia dan cacat pada anak-anak awalnya disebabkan tercemar pestisida kimia. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health di Boston, menemukan bahwa resiko terkena penyakit Parkinson meningkat sampai 70% pada orang yang terekspose pestisida meski dalam konsentrasi sangat rendah (Ascherio et al., 2006).


Mengingat bahaya yang sangat besar yang dapat ditimbulkan karena penggunaan pestisida kimia, maka perlu adanya usaha dalam memberikan pilihan lain dalam pengendalian hama tanaman, salah satunya pilihan untuk menggunakan pestisida hayati untuk mengendalikan hama tanaman, dari pilihan inilah diharapkan dapat membuat petani beralih dalam mengendalikan hama dan bisa mengurangi penggunaan pestisida kimia, syukur petani bisa memulai tidak menerapkan penggunaan pestisida kimia namun tetap mampu meningkatkan hasil pertanian. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan penggunaan pestisida nabati, yaitu pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang mempunyai kemampuan untuk melindungi tanaman dari serangan hama.

Salah satu tanaman yang mempunyai kemampuan dalam mengendalikan hama tanaman yang bisa dimanfaatkan oleh petani adalah tanaman mimba. Zat yang terkandung dalam tanaman nimba mempunyai kemampuan menghambat pertumbuhan serangga hama. Tanaman mimba mengandung zat azadirachtin, triol, salanin, dan nimbin. Pada tanaman ini yang bisa dimanfaatkan untuk pestisida adalah bagian biji dan daun. Berikut adalah cara pembuatan pestisida nabati dari mimba (Soenandar et al.,2010).

Pembuatan Pestisida Nabati dari Biji Mimba:

Bahan:
50 gram biji mimba
1 gram detergen (berfungsi sebagai pengemulsi)


Alat:
Blender, ember, kain furing.


Cara membuat:
1. Kering anginkan biji mimba beserta kulit biji sampai kering agar tidak berjamur.
2. Tumbuk atau haluskan biji menggunakan blender.
3. Rendam serbuk biji mimba di dalam 1 liter air selama semalam (12 jam)
4. Saring rendaman dengan menggunakan kain furing
5. Campurkan larutan hasil penyaringan dengan detergen, aduk rata.


Cara aplikasi:
Encerkan 500 ml larutan biji mimba hasil saringan di dalam 14 liter air, lalu aplikasikan di lahan pada sore hari.


Pembuatan Pestisida Nabati dari Daun Mimba

1. Haluskan 50 gram daun mimba segar dengan menggunakan blender.
2. Rendam daun halus di dalam 1 liter air selama semalam (12 jam)
3. Saring larutan dengan kain furing
4. Campurkan larutan hasil penyaringan dengan 1 gram detergen, aduk rata.
Cara aplikasi:
Encerkan 500 ml larutan daun mimba hasil saringan di dalam 14 liter air, lalu aplikasikan di lahan pada sore hari.


Demikian sedikit ulasan tentang pestisida nabati atau cara membuat pestisida nabati dari biji dan daun mimba, semoga apa yang di uraikan di atas bisa bermanfaat bagi para petani untuk dipraktekan dalam mengendalikan hama pada tanamannya, dan bagi pembaca semoga bisa mempraktekannya,.

Apabila nanti kalau sudah mempraktekannya bisa berbagi pengalaman dengan mengisi komentar artikel ini, dan juga barangkali ada kendala silahkan tanyakan di kolom komentar ini juga.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Ayo Bertani Mandiri | Powered by Blogger